Breaking News

Ketahui Informasi Seputar Haid Bersama SehatQ.com

Ketahui-Informasi-Seputar-Haid-Bersama-SehatQ.com


Seorang wanita yang sudah memasuki usia remaja mengalami haid yang menjadi tanda bahwa organ reproduksi wanita siap untuk terjadi kehamilan. Sebagai perubahan fisiologis pada tubuh seorang wanita, haid atau menstruasi terjadi setiap bulan dan dipengaruhi oleh hormon reproduksi. Terkadang haid memang memberikan rasa tidak nyaman dan mengganggu aktivitas wanita sehari-hari.
SehatQ.com merangkum informasi mengenai haid yang mungkin belum Anda ketahui berikut ini:

1. Tidak Haid Satu Bulan Tetapi Keputihan

Siklus haid setiap wanita memang tidak sama, ada yang siklusnya sudah teratur dan ada pula yang masih belum teratur sehingga sulit diprediksi. Ketika Anda mengalami keterlambatan haid sampai satu bulan tetapi mengalami keputihan maka hal tersebut tidak lantas mengindikasikan kehamilan. Kehamilan dapat dengan pasti dideteksi menggunakan test pack atau ultrasonografi yang bisa Anda lakukan di dokter kandungan.

Apabila Anda tidak haid dalam satu bulan, besar kemungkinan bahwa Anda sedang mengalami masalah kesehatan. Diantaranya infeksi ragi, penggunaan pil KB dan obat lainnya, sedang dalam kondisi tertekan atau stress, dan perimenopause. Perimenopause ini biasanya terjadi pada wanita berusia di atas 40 tahun dan mendekati masa menopause.

2. Cara Melancarkan Haid

Memiliki siklus haid yang tidak teratur memberikan kesulitan bagi wanita untuk memprediksi datang bulan. Terlebih apabila haid yang Anda alami tidak lancar dan sering kali terjadi hanya dalam durasi 1-2 hari kemudian 3 hari selanjutnya datang bulan lagi.

Untuk melancarkan haid, Anda dapat melakukan olahraga teratur dengan jam terbang yang tidak menyiksa tubuh. Olahraga juga dapat mengurangi gejala dismenore (kelainan nyeri haid).

Selain olahraga, SehatQ.com menganjurkan Anda untuk mengonsumsi cuka apel, nanas serta jahe untuk mengatasi masalah haid atau datang bulan tersebut. Jahe dipercaya dapat mengatasi volume darah yang keluar saat Anda haid. Sedangkan cuka apel yang dikonsumsi 15 ml per harinya dapat melancarkan menstruasi dengan ampuh dan mengembalikan proses ovulasi. Kandungan bromelin dari nanas dapat melunakkan dinding rahim. Konsumsi nanas setidaknya 400gr/hari.

3. Mengatasi Nyeri Haid

Hal yang sangat tidak diinginkan wanita ketika haid adalah nyeri yang tak tertahankan. Rasa nyeri kadang diikuti kram pada perut bagian bawah. Nyeri haid ini alami dirasakan sebab adanya hormone prostaglandins yang bekerja meningkatkan kontraksi dinding rahim. Semakin tinggi tingkat hormon tersebut maka nyeri haid yang dirasakan cenderung semakin menyakitkan.

Cara untuk mengatasi nyeri haid adalah dengan melakukan teknik-teknik relaksasi. Lakukan gerakan relaksasi seperti yoga, pijatan lembut pada punggung, dan meditasi. Anda juga bisa mandi dengan air hangat untuk membuat tubuh lebih rileks dan segar. Apabila nyeri yang Anda rasakan tidak tertahankan bisa diatasi dengan obat pereda nyeri berupa ibuprofen, aspirin ataupun paracetamol.

4. Minum Es Saat Haid

Anda mungkin pernah mendengar bahwa seorang wanita yang sedang haid tidak diperbolehkan untuk minum es atau sesuatu yang dingin. Alasannya adalah es tersebut dapat menyebabkan darah haid membeku dan tidak bisa keluar. Ungkapan tersebut adalah mitos belaka. Suhu dingin dari es bahkan hanya bisa dirasakan sampai tenggorokan saja. Ketika sudah sampai lambung suhu akan otomatis menyesuaikan.

SehatQ.com sangat menganjurkan Anda untuk tidak mudah mempercayai mitos yang beredar. Apabila Anda butuh konsultasi atau ragu terhadap suatu hal, datanglah ke faskes terdekat untuk mendapatkan konsultasi atas permasalahan Anda. Dengan SehatQ, Anda bisa dengan mudah mendapatkan informasi tentang RS terdekat, artikel kesehatan, chat dengan dokter maupun membeli obat secara online.

No comments