Breaking News

3 Cara Mengatasi Polis Hilang Agar Tetap Dapat Ajukan Klaim

3-Cara-Mengatasi-Polis-Hilang-Agar-Tetap-Dapat-Ajukan-Klaim
Polis asuransi merupakan kontrak tertulis antara penanggung (pihak asuransi) dan tertanggung (nasabah) yang berisi pengalihan risiko maupun berbagai syarat (jenis risiko, jumlah uang pertanggungan, premi, tempo, dan sebagainya). Polis biasa disebut dengan sertifikat asuransi atau kontrak polis. Kontrak polis ini berguna saat Anda ingin mengajukan klaim asuransi. Terkait hal ini, kiat-kiatnya dapat Anda pelajari dari cara klaim asuransi Prudential.

Sertifikat asuransi ini merupakan dokumen berisi segala hak dan kewajiban tertanggung maupun penanggung. Dokumen tersebut berisi ketentuan-ketentuan yang mengikat kedua belah pihak. Ketika Anda akan mengajukan klaim, polis asuransi harus disertakan. Lantas apakah Anda masih dapat mengajukan klaim padahal polis asuransi hilang?

Tips Mengurus Polis yang Hilang

Polis asuransi memang dibutuhkan ketika Anda akan mengajukan klaim. Namun jika hilang sekalipun, Anda tetap dapat mengajukan klaim. Cara klaim asuransi Prudential akan lebih rinci membahas soal hal ini. Rusak atau hilangnya polis dapat terjadi karena beberapa faktor. Mungkin saja hanyut terbawa banjir, terbakar, maupun tercecer kemudian hilang. Namun Anda tidak perlu merasa khawatir, berikut ini adalah tips yang dapat Anda lakukan ketika sertifikat asuransi hilang.

  1. Menghubungi Agen Asuransi
Jika polis hilang, jangan langsung panik, hubungi agen asuransi yang mengurusi Anda pertama kali. Agen asuransi tidak sekadar bertugas mencari nasabah, melainkan membantu memberikan jalan keluar untuk setiap permasalahan yang dialami pemegang polis. Salah satunya adalah kasus rusak atau hilangnya polis. Tanyakan bagaimana cara mengurus polis dan melakukan klaim.

  1. Mengurus Surat Kehilangan
Saat kehilangan surat-surat penting, termasuk polis, Anda perlu mengurus surat keterangan kehilangan ke kantor polisi. Prosesnya cukup pun cukup sederhana. Anda tinggal datang ke polsek terdekat untuk memberikan keterangan. Setelah itu, surat keterangan kehilangan dapat Anda kantongi.

  1. Datang ke Kantor Asuransi
Solusi ketiga yang dapat Anda lakukan ketika kehilangan polis adalah mendatangi kantor cabang atau perwakilan asuransi Anda. Di sana, Anda akan dibantu oleh customer service guna mendapatkan polis baru. Cara ini dapat Anda lakukan ketika agen asuransi tidak dapat membantu, baik karena pindah tugas, berhenti, dan sebagainya.

Pada dasarnya, Anda tidak perlu merasa khawatir soal kehilangan polis. Karena perusahaan asuransi Anda tentu sudah menyimpan segala data nasabahnya. Jika polis hilang, masih ada berkas lain seperti KTP, STNK, BPKB, dan lain sebagainya.

Data tersebut dapat memastikan bahwa Anda benar-benar pemegang polis yang sah. Anda hanya perlu segera lapor ke pihak terkait saja agar segera dicarikan solusi. Dengan demikian, aktivitas perasuransian Anda dapat berjalan lancar.

Itulah tiga tips ketika polis asuransi Anda hilang. Menurut cara klaim asuransi Prudential, polis merupakan salah satu dokumen yang dibutuhkan untuk melakukan klaim. Walaupun Anda masih dapat mengajukan klaim, akan lebih baik jika Anda menjaga polis agar tidak hilang. Hal tersebut akan membuat Anda tidak perlu repot. Nah jika Anda ingin tahu lebih jelas mengenai cara klaim asuransi, Anda bisa langsung menyimaknya melalui video berikut ini.

No comments