Breaking News

Tips Membuat Mushola Dalam Rumah Yang Nyaman

Kenapa dibutuhkan terdapatnya mushola di rumah? Buat umat Muslim, sholat ialah satu hal sama sekali tidak bisa dibiarkan. Adanya mushola di rumah, Anda bisa lakukan beribadah sholat dengan bertambah nyaman di rumah.

Diluar itu adanya mushola di rumah, Anda dapat menempatkan beberapa alat beribadah Anda didalamnya, Hingga beberapa benda suci masih terbangun kesuciannya sebab ada di tempat yang pas.

Tetapi pertanyaanya ialah bagaimana bila type rumah Anda ialah minimalis? Masihkah ada tempat untuk membuat mushola di rumah? Tak perlu cemas, sebab pada intinya membuat mushola di rumah tidak memerlukan ruang yang luas.

Untuk lebih detilnya, simak banyak hal yang perlu anda lihat dalam pengerjaan mushola di rumah diambil dari situs Rumahminimalis di bawah ini :

1. Ukuran mushola di rumah

Ukuran minimum yang dapat anda pakai untuk bikin mushola di rumah dengan lebar 70 cm dan panjang 140 cm untuk seseorang. Karena itu bila anda ingin mendesain tempat beribadah di rumah itu untuk 3 shaf karena itu ukuran ruang mushola di rumah itu ialah seputar 2.5 mtr. untuk lebarnya serta 4 mtr. untuk panjangnya.

2. Arah mushola di rumah

Arah mushola yang ada di rumah harus betul-betul diukur secara baik. Cocokkan arah kiblat supaya pemakaian ruang jadi makin efisien serta nyaman. Anda dapat juga tutup sisi dinding dengan tembok yang tertutup supaya kegiatan beribadah bisa berjalan nyaman dan khusuk. Yang penting ialah cocokkan keadaan ruang di rumah anda dengan arah kiblat sholat.

3. Atap, dinding serta lantai mushola

Untuk sisi atapnya, ruang mushola dalam sisi rumah semestinya dibikin dengan atap setinggi 2.7 mtr.. Ini mempunyai tujuan supaya ruang mushola di rumah anda berkesan lega serta luas. Ketinggian lantai bangunannya minimum 32 sampai 34 cm dari permukaan rumput atau tanah. Anda dapat juga tempatkan koral sikat yang memiliki jarak 32 sampai 55 cm dari tempat beribadah itu supaya terlepas dari cipratan air saat hujan. Di bagian lantainya, anda dapat memakai material lantai yang tidak licin tetapi gampang untuk dibikin bersih.

4. Aksesori ruang mushola

Aksesori yang dapat anda aplikasikan di ruang mushola semestinya aksesori yang tidak terlalu berlebih dan sesuai dengan skema geometris ruang.Anda dapat mengaplikasikan lukisan kaligrafi atau yang memiliki nuansa religi.

5. Warna ruangan mushola

Dalam mengimplementasikan warna cat, anda dapat memakai warna yang bisa mempersejuk mata. Contohnya : hijau muda, biru muda, krem, salem atau beberapa warna pastel yang lain. Jauhi pemakaian beberapa warna jelas atau menonjol.

No comments