Breaking News

Sembilan Rahasia Mengatur Keuangan Usaha Agar Bisa Berkembang

Bila Anda sedang membuat satu usaha, pasti Anda mengerti jika langkah mengelola keuangan perusahaan adalah hal penting dalam memastikan kesuksesan satu usaha. Dengan simpel, langkah mengelola keuangan perusahaan yang benar tentu saja sukses memperoleh makin banyak keuntungan dibanding mengeluarkannya.

Keuntungan yang berlebihan disebutkan laba, serta tiap orang tentu menginginkan mendapatkan laba untuk dibagi ke beberapa pemilik perusahaan, serta beberapa digunakan untuk ekspansi usaha. Saat ini berlangsung, bermakna Anda sudah sukses temukan langkah mengelola keuangan perusahaan yang baik.

Untuk menolong Anda pada membuat keputusan-keputusan yang pas tentang langkah mengelola keuangan perusahaan, kami mempunyai 9 aspek khusus yang butuh Anda dalami untuk menghindarkan kas negatif serta tidak berhasilnya semua skema operasional:

9 Unsur yang Berefek Besar dalam Langkah Mengendalikan Keuangan Perusahaan:

  • Papan Score Laba
  • Pengendalian Key Performance Indicator
  • Program Skema Akuntansi
  • Pengendalian Arus Kas
  • Tim Building
  • Productivity Metric
  • Budget
  • Client yang Pas
  • Sasaran Finansial

Ingin tahu lebih dalam? Kami akan mengulasnya satu-satu.

1. Papan Score Laba
Coba menanyakan ke anggota team pokok manajemen mengenai indicator serta pendorong penting perkembangan usaha perusahaan Anda. Kurang lebih apa jawaban mereka?Apa jawaban mereka papan score? Apa Anda sepakat?

Lantas bagaimana pengamatan score itu dapat memengaruhi langkah penataan keuangan perusahaan? Apa Anda memiliki akses untuk memonitor beberapa angka itu, serta sebegitu seringkali Anda memantaunya?

langkah mengelola keuangan 4 papan score laba

Tiap perusahaan harus mempunyai 4 papan score atau skor card penting:

  • Sales (Penjualan)
  • Gross Keuntungan (Laba Kotor)
  • Gross Keuntungan Percentage (Prosentase Laba Kotor)
  • Nett Penghasilan (Penghasilan Bersih)

Semasing papan score butuh diawasi tiap kuartal untuk memperoleh data tentang:

  • Bagaimana trend yang sedang berjalan? Apa naik, turun, atau statis?
  • Bagaimana sasaran yang yang telah diputuskan awalnya? Apa terwujud ataukah tidak?

Seterusnya, hasil yang didapatkan harus dikaji untuk peningkatan di periode selanjutnya.

Demikianlah siklusnya: analisis-keputusan-tindakan-hasil, yang akan berputar-putar terus di tiap periode. Pengamatan papan score laba akan tunjukkan trend dan mengantisipasi di waktu depan yang akan menolong Anda untuk temukan langkah mengelola keuangan perusahaan yang lebih baik. Jika trend tunjukkan penambahan, karena itu Anda dapat membagikan dana untuk pos yang membutuhkan. Jika ada penurunan, tentu saja Anda butuh selekasnya mempererat pengeluaran.
2. Pengendalian Key Performance Indicator

Unsur ke-2 ialah bagaimana Anda mengurus KPI. Sebelum mengulasnya lebih jauh, sebaiknya Anda pastikan: Apa sampai kini Anda memiliki KPI yang dapat dipakai untuk bikin ketetapan? Apa Anda memperoleh neraca keuangan serta laporan manajemen?

Jika Anda cuma memperoleh neraca keuangan serta tidak memperoleh laporan manajemen, telah waktunya Anda tahu utamanya manfaat laporan manajemen yang dapat tingkatkan kapasitas serta keuntungan perusahaan.

Ada 2 type KPI untuk laporan manajemen, berdasar pada apa yang Anda jual. Perusahaan yang jual barang akan memusatkan KPI pada:

  • Angka penjualan
  • Ongkos produksi
  • Rotasi persediaan (Inventory Turnover)
  • Rasio DSO (Days Sales Outstanding), yakni periode waktu tertagihnya piutang tersendiri

Sesaat, perusahaan yang jual layanan akan memusatkan KPI pada:

  • Penentuan harga jual
  • ROI (Return on Investment) dari ongkos upah yang dikeluarkan
  • Ongkos upah /jam terbayar
  • Pendapatan /jam yang diterima
  • Rasio DSO (Days Sales Outstanding), yakni periode waktu tertagihnya piutang tersendiri

Laporan Manajemen akan memberi faedah buat Anda pada tahu deskripsi detil dari keadaan perusahaan. Namun, pastikanlah jika laporan itu dapat Anda tindaklanjuti jadi alasan dalam pemungutan ketetapan usaha selanjutnya, terhitung bagaimanakah cara mengelola keuangan perusahaan yang pas.

Sayangnya, banyak pebisnis yang belum mengerti utamanya laporan manajemen sebab alasan unsur ongkos serta terbatasnya waktu. Hal yang perlu dilihat ialah bila Anda tidak menganalisa laporan manajemen tiap bulannya, Anda akan kehilangan peluang untuk berkembang serta menghindarkan jalankan program memiliki biaya tinggi yang tidak memberi imbal balik investasi (ROI – Return On Investment)

Sekarang, Anda ketahui utamanya laporan manajemen pada langkah mengelola keuangan perusahaan, khususnya untuk produksi serta ongkos upah yang terbanyak mengisap dana.

3. Skema Program Akuntansi
Apa Anda mempunyai program akutansi yang terkomputerisasi? Dengan membuat program akutansi yang lebih kekinian, Anda bisa pastikan penerimaan data yang lebih berkaitan, bertambah cepat, serta lebih sedikit peluang kekeliruan dibanding dengan proses manual.

Diluar itu, laporan yang Anda temukan semakin lebih berguna, tepat, serta pas waktu dengan ongkos yang lebih rendah. Ini adalah keunggulan penting yang tidak dipunyai usaha rasio kecil di waktu dulu, serta dapat Anda gunakan saat ini untuk menganalisa langkah mengelola keuangan perusahaan yang sesuai dengan untuk usaha Anda.

Jika anda membutuhkan skema yang dapat di-customized serta lebih terpadu di antara akuntansi serta proses usaha yang lain, karena itu anda bisa memakai ERP (Enterprise Resource Rencana).

4. Perbaikan Arus Kas
Apakah itu arus kas? Sebelum lakukan analisa untuk temukan langkah mengelola keuangan perusahaan, Anda harus mengerti terlebih dulu jalinan di antara arus kas serta keuntungan perusahaan. Dengan mengerti arus kas, Anda dapat tahu ke mana uang Anda mengalir. Walau buat beberapa pelaku bisnis arus kas serta keuntungan bisa tunjukkan hal berlainan, tetapi pengendalian arus kas ialah sisi integral untuk keberhasilan serta kesehatan keuangan perusahaan.

Untuk lebih memahaminya, lihat perbandingan berikut ini:

Uang perusahaan Anda terdapat di asset misalnya:

  • Inventaris
  • Asset Masih – Mesin serta Bangunan
  • Piutang Usaha
  • Ongkos Bayar Di Muka

Di sisi lain, Anda memakai uang untuk membayar hutang misalnya:

  • Hutang Usaha
  • Hutang Pajak
  • Hutang Ongkos
  • Utang Bank

Arus kas bisa menolong Anda pada membuat ketetapan dalam memastikan kapan waktunya berinvestasi atau tunda investasi, apa tunda keluarkan uang atau waktunya belanjakan uang.

Dengan begitu, perbaikilah arus kas perusahaan dengan beberapa taktik pengendalian, sebab membuahkan keuntungan saja kurang untuk jamin keberhasilan serta perkembangan perusahaan dalam periode panjang.

5. Tim Building

Apa Anda pernah berpikir bagaimana berikan motivasi team Anda untuk menggerakkan kapasitas usaha serta membuahkan keuntungan yang maksimal?

Adalah hal yang penting untuk terus menilai produktivitas dari sdm Anda, serta memberi pandangan yang sama mengenai taktik usaha yang ingin Anda lakukan, terhitung:

Apa arah perusahaan Anda
Kenapa konsumen setia harus beli dari Anda
Apa yang akan mereka temukan dengan kerja di perusahaan Anda

Saat Anda serta team mempunyai pertimbangan dan visi yang sama, maka muncul keterkaitan dari semua anggota hingga menggerakkan produktivitas serta tentu saja keuntungan perusahaan.

Selain itu, hal penting yang perlu Anda lihat ialah bagaimana membuat team Anda masih bahagia dengan menghormati kapasitas mereka. Bila Anda menghormati team jadi sumber daya penting, Anda butuh dengarkan keperluan training, arah karier serta ide mereka untuk usaha Anda.

Ada cara-cara untuk mengukur apa karyawan Anda bahagia serta membuahkan karya berkualitas, serta salah satunya langkah yang paling simpel dengan mengharuskan beberapa supervisor untuk turun serta dengar keperluan dari beberapa team mereka.

Ingat-ingatlah jika karyawan dengan tingkat kebahagiaan yang baik akan membuat perusahaan jadi lebih baik, mereka semakin lebih terpacu untuk layani client dengan sepenuh hati. Anggota team yang tidak produktif cuma akan mengonsumsi ongkos percuma, serta harus selekasnya diganti sebab akan memberatkan keuangan perusahaan. Ini terhitung unsur penting dalam langkah mengelola keuangan perusahaan.

6. Productivity Metric

Bila Anda belum pernah lakukan pengukuran ini, Anda harus selekasnya mengerjakannya.

Jika usaha Anda ialah “people business” – usaha yang membuahkan uang dengan memberi service yang diberi oleh karyawan – Anda butuh fokus pada KPI karyawan.

Ada beberapa hal yang perlu diutamakan mengenai pengawasan angka, yang terkait dengan apa yang penting serta memandang KPI dengan team. Tentu saja, ada beberapa pertanyaan yang perlu Anda tanyakanlah jadi satu orang pimpinan. Tetapi dengan penentuan KPI yang pas, karyawan dapat memastikan sasaran pada scorecard-nya semasing serta Anda dapat menganalisa untuk pastikan jika garis trend penghasilan perjam yang dibayarkan bertambah di tingkat yang sama atau semakin besar dibanding ongkos tenaga kerja perjam yang dibayarkan.

Pimpinan yang berpikir strategis melihat karyawan jadi asset usaha. Tingkat perubahan karyawan yang lebih rendah akan menolong mereka sampai margin keuntungan yang direncanakan, serta ini akan mempermudah perusahaan temukan langkah megatur keuangan perusahaan yang sehat.

7. Budget

Berdasar satu artikel yang dimuat di majalah Pengusaha, cuma 47% pemilik usaha kecil yang mempunyai budget.

Budget keuangan perusahaan ialah dasar Anda pada mengukur serta mengamati kapasitas keuangan. Karenanya, jadi salah satunya langkah mengelola keuangan perusahaan, budget selalu harus dievaluasi atau serta direvisi. Kerjakan pelajari budget sepanjang 6 bulan sekali. Dalam periode itu, Anda telah mempunyai info yang penting untuk menolong Anda lakukan pelajari, tetapi tidak dianjurkan untuk lakukan revisi dalam periode ini sebab masih begitu awal.

Sayangnya cuma beberapa kecil perusahaan usaha kecil yang mempunyai budget. Bila Anda tidak mempunyai budget, bagaimana Anda bisa menjawab pertanyaan berikut ini:

Bagaimana pendapataan akan beralih di paruh tahun ke-2?
Berapakah sasaran persen laba kotor? (Langkah cepat memprediksi harga inti penjualan)
Berapakah rekonsilasi ongkos yang perlu dikerjakan menghadapi pergantian penghasilan?
Apa untuk sampai sasaran penghasilan harus dikeluarkan ongkos lebih untuk marketing atau sales?
Apa memerlukan tempat semakin besar untuk memuat karyawan baru?

Banyak pemilik usaha merasakan membuat budget ialah hal yang membuat frustrasi, serta ini bisa dimaklumi. Hal yang susah ialah meramalkan ongkos operasional sepanjang setahun dan memberikan ruangan untuk pengeluaran tidak tersangka yang mungkin ada. Tetapi, berencana budget tahunan dapat lebih gampang jika Anda membaginya jadi 2 sisi dalam satu tahun.

8. Client Pas

Bagaimana pilih client yang pas bisa menolong Anda temukan langkah mengelola keuangan perusahaan yang baik? Berikut jawabannya.

Ada mode usaha yang berbasiskan layanan dimana perusahaan menarik serta menjaga basis client. Semuanya yang dikerjakan perusahaan itu fokus pada networking, marketing, serta kegiatan yang lain yang mempunyai tujuan membuat client masih memakai layanan perusahaan itu.

Tetapi apa yang terjadi bila Anda client yang memberi nilai margin rendah? Bagaimana dengan client yang tetap membayar tidak pas waktu? Apa Anda akan mempertahankannya? Hanya untuk arus kas atau ketakutan tidak dapat cari client baru dengan margin tambah tinggi?

Meninggalkan client yang jelek agar tidak jadi musibah buat team serta keberhasilan perusahaan Anda. Hal itu tidak gampang, ditambah lagi saat Anda sedang cari client baru. Tetapi memutuskan client yang jelek sangat mungkin Anda merelokasi sumber daya yang Anda ke lain tempat yang lebih produktif.

9. Sasaran Finansial Usaha

Paling akhir, lakukan langkah besar ke arah keberhasilan perusahaan Anda dengan menulis sasaran finansial. Hal tersebut akan menolong Anda mengatur perusahaan, sebab Anda sedang membuat haluan penataan keuangan perusahaan.

Ingat-ingatlah tidak ada hal yang begitu awal untuk tuliskan sasaran yang ingin Anda raih di waktu akan datang. Ini cuma dapat dikerjakan oleh Anda pemilik usaha, yang mustahil dikerjakan oleh karyawan. Cuma Anda yang mengerti konsentrasi arah usaha serta arah perusahaan, dan langkah mengelola keuangan perusahaan untuk sampai keuntungan yang maksimal. Dengan tuliskan sasaran finansial, Anda akan menyambungkan komponen keberhasilan yaitu kenikmatan konsumen setia, perolehan sasaran penghasilan, serta kapasitas karyawan untuk sampai sasaran itu.
Ini Waktunya Melakukan perbaikan Langkah Mengendalikan Keuangan Usaha Anda

Anda satu orang entrepreneur serta belum lakukan 9 unsur di atas? Berikut waktunya Anda lakukan langkah awal. Anda tidak bisa mengerjakannya sekaligus juga, tetapi jika Anda mengerjakannya dengan setahap serta cermat, Anda akan rasakan hasilnya. 9 unsur ini ialah alat evaluasi paling baik jadi langkah mengelola keuangan perusahaan untuk tumbuh serta berkembang dengan cepat.

Kesuksesan Anda pada temukan langkah mengelola keuangan perusahaan bisa diawali dari saat ini.

No comments