Breaking News

Enam Tanaman Pengusir Nyamuk yang Dapat Ditanam di Rumah





Nyamuk jadi lawan manusia. Bukan sekedar gigitannya yang membuat kulit jadi bentol, gatal, serta kemerahan, nyamuk juga dapat juga memunculkan bermacam penyakit, seperti DBD (demam berdarah dengue) serta malaria.

Untuk mengusirnya, orang sering memakai obat memiliki bahan kimia yang punya potensi berefek jelek buat kesehatan. Nah, kenapa Anda tidak coba pilihan lain untuk memakai tanaman pengusir nyamuk di dalam rumah? Nyatanya ada bermacam tanaman yang dapat dibuktikan ampuh menyingkirkan nyamuk. Apa sajakah? Di bawah ini tanaman-tanaman yang dapat menolong menyingkirkan nyamuk di dalam rumah Anda.

1. Serai wangi
Serai bukan sekedar dipakai jadi penyedap makanan atau minuman saja. Tanaman ini dapat juga dipakai jadi pengusir nyamuk. Oleh karenanya, tidaklah heran bila lilin aromaterapi atau losion anti nyamuk seringkali memakai serai jadi bahan intinya. Serai dapat tumbuh subur di beberapa iklim serta type tanah. Perihal ini pula yang membuat serai jadi tanaman yang gampang didapati serta dijaga sendiri di dalam rumah. Walau serai tidak pas jika ditanam di pot, Anda dapat menyiasatinya dengan menanamnya dibawah jendela seputar rumah. Ini dikerjakan supaya nyamuk tidak masuk ke rumah.

2. Lemon balm
Sama dengan serai, lemon balm memiliki kandungan senyawa sitronelal yang ampuh untuk menyingkirkan nyamuk. Aroma jeruk dari daun lemon balm ini salah satunya aroma yang tidak disenangi nyamuk. Walau demikian, Anda harus waspada jika ingin menanam daun ini di pekarangan rumah. Masalahnya tanaman ini mempunyai karakter invasif, atau mempunyai perkembangan yang cepat.

3. Lavender
Bunga lavender berwarna ungu serta mempunyai aroma yang benar-benar harum. Walau aromanya banyak disenangi manusia, tetapi buat nyamuk aroma lavender adalah aroma yang paling dijauhi. Pasalnya lavender memiliki kandungan zat linalool serta lynalyl asetat, yakni dua zat yang benar-benar tidak disenangi oleh nyamuk. Anda dapat menempatkan tanaman bunga lavender di pot dekat jendela atau pintu supaya tidak ada nyamuk yang masuk ke rumah.

4. Catnip
Catnip atau Nepeta cataria ialah tanaman yang seringkali dipakai untuk merangsang kucing supaya lebih aktif. Sesudah kontak dengan tanaman ini, kucing Anda kemungkinan tunjukkan pergantian tingkah laku yang makin aktif. Tetapi, ini tidak berlaku buat nyamuk. Masalahnya catnip adalah tumbuhan yang benar-benar ditakuti nyamuk. Riset menundapati jika kandungan minyak mendasar dalam catnip, yang diketahui jadi nepetalactone, didapati ampuh untuk menyingkirkan nyamuk dibanding obat DEET (Diethyl-meta-toluamide), yakni faktor kimia yang punya potensi memberi efek jelek buat kesehatan. Tanaman ini dapat tumbuh tinggi, maka bila Anda ingin menanamnya di pekarangan rumah, semestinya tanamlah di ruang yang tidak menghambat pandangan.

5. Bawang putih
Bawang putih telah lama dipakai untuk menyingkirkan nyamuk. Anda dapat mengiris bawang putih serta meletakkannya di beberapa tempat dimana perputaran udara berasal, contohnya jendela serta pintu rumah. Supaya tidak beraroma menusuk Anda dapat memberikan tambahan minyak mendasar lavender atau yang lain sesuai hasrat.

6. Geranium
Geranium didapati jadi type tumbuhan pengusir nyamuk. Tanaman yang lebih diketahui dengan tapak dara ini memiliki kandungan geraniol serta sitronelol. Kandungan itu benar-benar tidak disenangi oleh nyamuk sebab baunya yang harum waktu tertiup angin. Anda dapat menanam tanaman ini di pot dan meletakkannya di ruang untuk menyingkirkan nyamuk yang masuk ke rumah. Tidak hanya untuk menyingkirkan nyamuk, geranium sangat pas untuk jadikan jadi tanaman hias sebab mempunyai warna bunga yang benar-benar cantik.

No comments