Breaking News

4 Langkah Praktis Mengatur Keuangan Rumah Tangga Gaji 2 - 3 Juta

Apa anda merasakan kerepotan mengelola keuangan rumah tangga anda dengan upah cuma 2 juta sampai 3 juta. Di kota-kota besar, upah sebesar itu dapat dipandang upah yang pas-pasan buat ukuran rumah tangga yang minimum terbagi dalam suami serta istri. Ditambah lagi bila yang kerja cuma suami dengan pendapatan demikian per bulannya.

Tetapi tak perlu berkecil hati. Anda dapat lakukan beberapa langkah simpel untuk mengelola keuangan rumah tangga dengan upah 2 juta sampai 3 juta itu. Harus diingat jika ini cuma masalah penataan atau manajemen.

Buat anda ibu rumah-tangga, berikut sedikit langkah praktis yang dapat dilakukan dalam mengendalikan uang upah suami yang diserahkan kepada anda. Kerjakan ini walau upah suami anda cuma 2 juta atau 3 juta per bulan.

1. Zakat Pendapatan
Jadi orang Islam, anda tidak bisa lupa dengan zakat pendapatan. Besaran zakat pendapatan yang disetujui besarnya ialah 2,5 persen.

Anggaplah upah suami 2 juta, karena itu jumlahnya yang perlu dikeluarkan untuk pos ini sebesar Rp 50.000,- Bila upah suami anda sebesar 3 juta rupiah, karena itu yang perlu anda sisihkan ialah sebesar Rp 75.000,-.

2. Mengonsumsi
Apa yang kita mengonsumsi seharian sebetulnya tempati porsir terbesar antara banyaknya pos-pos pengeluaran dalam rumah tangga. Memang keliatannya susah untuk mengatur, tetapi bukan masalah yang tidak mungkin.

Coba anda sisihkan upah suami anda sebesar 70% jadi pos mengonsumsi rumah tangga anda sepanjang satu bulan. Bila pendapatan suami anda 2 juta, karena itu besaran pada pos ini ialah Rp 1.400.000,- Sedang bila upah suami dapat sampai 3 juta rupiah, karena itu besaran pada pos ini ialah sebesar Rp 2.100.000,-.

3. Tabungan
Menabung adalah salah satunya yang penting. Dengan normal, makin besar pendapatan karena itu pasti tabungan akan makin besar. Tetapi, rumus ini belum pasti benar seutuhnya. Sebab balik lagi pada penataan.

Untuk pos tabungan, anda dapat memberi porsir seputar 15% dari upah suami anda. Jika upahnya 2 juta per bulan, karena itu besar uang yang dapat anda tabung ialah seputar Rp 300.000,- sedang jika upahnya sebesar 3 juta rupiah karena itu tabungan dapat sebesar Rp 450.000,-.

4. Investasi
Investasi umumnya tetap punyai urusan dengan gagasan periode panjang. Tidak ada kelirunya anda juga terlatih pikirkan ini yaitu berinvestasi untuk penuhi keperluan rumah tangga, kalau-kalau contohnya suami anda tidak produktif kerja sebab umur contohnya.

Besaran investasi yang dapat anda patok dapat sebesar 12,5% dari keseluruhan upah bulanan suami anda. Bila upah bulanan suami ialah 2 juta rupiah, karena itu besaran investasi dapat sebesar Rp 250.000,- serta Rp 375.000,- per bulan untuk upah bulanan sebesar 3 juta rupiah.

Prosentase di atas sebetulnya dapat fleksibel, bergantung pada potensi anda. Tetapi, itu cuma jadi contoh penataan dalam rumah tangga anda. Seumpama sebab keperluan rumah tangga banyak sekali, hingga tidak memenuhi cuma pada porsir 70%, karena itu anda dapat kurangi pada pos lain, contoh pada pos tabungan serta investasi.

Mengendalikan Keuangan Upah supaya Dapat Menabung, Investasi
Supaya bisa menabung anda dapat lakukan beberapa langkah menyenangkan supaya anda masih dapat menabung. Memang keliatannya akan susah menabung dengan upah pas-pasan, pasti banyak pengorbanan yang dikerjakan.

Anda dapat memerhatikan serta ikuti beberapa hal berikut supaya bisa menabung serta berinvestasi.

Arisan
Pasti anda sangatlah familiar dengan arisan. Ya, dapat disebutkan jika arisan adalah salah satunya langkah paling baik untuk menabung, tetapi secara menyenangkan. Sebab dapat sama-sama kumpul bersama sanak keluarga, atau dengan mitra serta sahabat-sahabat.

Turuti arisan yang berguna buat anda yang kurang lebih itu dapat anda pakai untuk beli suatu hal. Syukur-syukur jika anda dapat pakai untuk kebutuhan investasi.

Lihat Uang Receh
Yang namanya uang receh umumnya seringkali dipandang sepele. Dipandang sepele sebab banyaknya yang kecil. Tetapi jangan salah sebab umumnya jumlahnya uang receh itu banyak. Hingga bila anda pikir-pikir , banyaknya sebetulnya bisa banyak bila anda pandai dalam kumpulkan serta menabungnya.

Dibanding koin kembalian anda anda pakai semuanya untuk memberikan pengamen atau pengemis, tidak ada kelirunya anda pun pakai untuk ditabung dalam celengan.

Menabung Emas
Sesudah uang anda terkumpul di arisan selanjutnya kebutulan anda yang mujur karena itu tidak ada kelirunya dari hasil arisan itu anda pakai untuk beli emas. Juga demikian dengan uang receh atau koin yang berada di celengan anda, dapat anda pakai untuk menambah-nambah pada saat anda ingin menabung emas.

Menabung emas sebetulnya sisi dari investasi. Anda telah tahukan dengan tentu perbedaannya tabungan serta investasi. Umumnya sich jika yang namanya investasi, nilainya akan makin bertambah seriring dengan waktu. Seperti emas, setiap tahun harga emas akan naik. Bukan malah turun. Jadi, akan bermanfaat buat anda bila anda ingin jual di waktu mendatang sebab nilainya akan besar.

Kurangi Makan Di Luar
Makan kadang-kadang di restoran tidak jadi masalah. Tetapi, jika upah anda pas-pasan selanjutnya mempunyai rutinitas makan di luar seumpama di restoran, karena itu ini akan memberatkan keuangan anda.

Semakin lebih enak serta menyenangkan bila rutinitas makan selain itu anda ubah dengan makan dengan keluarga anda. Pasti makanan bikinan sendiri semakin lebih murah dibanding dengan makanan yang berada di restoran atau tempat makan. Masalah rasa tentunya akan berkompetisi bila anda jadi istri tetap berupaya melakukan perbaikan langkah masak anda.

Disiplin dalam mengelola keuangan keluarga adalah kunci keberhasilan dalam mengendalikan uang upah yang kecil. Pakai beberapa cara simpel di atas untuk mendapatkan keadaan keuangan yang sehat yang sedikit utang dimana saja.

Demikian penjelasan kami tentang langkah praktis mengelola keuangan rumah tangga upah 2 juta sampai 3 juta per bulan. Mudah-mudahan rincian kami dapat berguna untuk anda. Salam.

No comments