Breaking News

4 Cara Agar Tak Kena Diabetes Meski Orangtua Anda Mengidap Diabetes






Apa Anda memiliki keturunan diabetes atau memiliki saudara yang menanggung derita diabetes? Semestinya Anda waspada sebab ini bisa tingkatkan kesempatan Anda terserang diabetes juga.

Diabetes, terutamanya diabetes mellitus type 2 mempunyai jalinan yang benar-benar kuat dengan kisah serta keturunan keluarga, dibanding dengan diabetes type 1. Banyak riset yang sudah menunjukkan jika genetika mainkan peranan yang benar-benar kuat dalam peningkatan diabetes type 2 pada satu orang.

Beberapa riset tunjukkan jika efek anak terserang diabetes semakin besar saat ibunya menanggung derita diabetes. Sedang, bila ke-2 orangtuanya menanggung derita diabetes, karena itu risikonya semakin besar sampai 50%.

Diluar itu, efek diabetes diperkokoh dengan pola hidup yang jelek. Pada sebuah keluarga, umumnya orang-orangnya condong mempunyai rutinitas makan serta olahraga yang sama, hingga unsur pola hidup semakin dapat tingkatkan efek Anda terserang diabetes.
Apa yang perlu saya kerjakan bila memiliki keturunan diabetes?

Ada cara-cara yang bisa Anda kerjakan untuk kurangi efek diabetes Anda. Pada intinya yang perlu Anda kerjakan ialah mengubah gaya hidup Anda, Anda harus belajar untuk mengaplikasikan skema makan sehat serta disertai dengan berolahraga teratur.
Menjaga berat tubuh Anda

Kelebihan berat tubuh adalah salah satunya unsur efek penting yang bisa mengakibatkan Anda terserang diabetes. Obesitas bisa tingkatkan efek Anda 20-40 kali semakin besar untuk alami diabetes. Bila berat tubuh Anda berlebihan, semestinya Anda turunkan berat tubuh dengan setahap sampai sampai berat tubuh normal.

Makin banyak bergerak dibanding melihat TV
Pola hidup sedenter atau pola hidup yang tidak aktif bertindak dalam meningkatkan efek diabetes type 2. Seringkali memakai otot Anda untuk bergerak bisa tingkatkan potensi otot untuk memakai insulin serta menyerap glukosa. Ini memudahkan desakan pada sel pembuat insulin.

Melihat TV adalah pekerjaan yang seringkali dikerjakan oleh banyak orang. Makin banyak Anda habiskan waktu di muka monitor kaca tv, akan tingkatkan efek Anda kelebihan berat tubuh atau obesitas, hingga akan tingkatkan efek Anda terserang diabetes. Skema diet tidak sehat yang terkait dengan melihat TV dapat menerangkan jalinan di antara melihat TV dengan diabetes. Tiap dua jam Anda habiskan waktu Anda untuk melihat TV bisa tingkatkan peluang Anda terserang diabetes sebesar 20%.

Menjaga konsumsi makan Anda
Pasti, agar bisa menghindarkan Anda dari diabetes, skema makan Anda harus menjadi skema makan sehat dengan gizi imbang. Ada 4 pergantian penting yang bisa Anda kerjakan untuk menahan diabetes type 2, yakni:

1. Pilih karbohidrat dari biji-bijian utuh (whole grain) dibanding yang telah diolah (refined grain)
Ada bukti yang tunjukkan jika konsumsi diet yang lebih banyak terkandung biji-bijian utuh, seperti gandum, bisa membuat perlindungan Anda dari diabetes, sedang diet tinggi karbohidrat yang sudah diproses (refined grain) bisa tingkatkan efek diabetes.

Riset oleh Nurses’ Health Studies I and II tunjukkan jika wanita yang konsumsi rata-rata 2-3 bagian biji-bijian utuh dalam satu hari kemungkinannya lebih kecil 30% dalam meningkatkan penyakit diabetes dibanding wanita yang jarang-jarang konsumsi biji-bijian utuh. Riset ini dikerjakan pada lebih dari 160.000 wanita sehat serta diikuti sepanjang 18 tahun.

Kulit serta serat dalam biji-bijian utuh lebih susah untuk dipecah jadi glukosa, hingga membuat penambahan gula darah serta insulin jadi lebih lamban, serta indeks glikemik lebih rendah. Hasilnya, desakan pada badan dalam membuat insulin jadi menyusut, hingga bisa menolong menahan diabetes type 2. Diluar itu, biji-bijian utuh kaya vitamin, mineral, serta fitokimia yang bisa menolong turunkan efek diabetes. Sebaliknya, roti putih, nasi putih, kentang tumbuk, serta donat mempunyai indeks glikemik tinggi yang selanjutnya bisa tingkatkan efek diabetes.

2. Jauhi minuman manis
Minuman manis memiliki kandungan beban glikemik tinggi, hingga banyak minuman manis terkait dengan bertambahnya efek diabetes. Pada riset Nurses’ Health Study II, wanita yang minum satu atau lebih minuman manis dalam satu hari memiliki efek diabetes type 2 83% tambah tinggi dibanding dengan wanita yang konsumsi minuman manis kurang dari 1x dalam satu bulan.

Fakta lain kenapa minuman manis bisa tingkatkan efek diabetes ialah sebab terkait dengan kenaikan berat tubuh. Riset yang dikerjakan Nurses’ Health Study II serta The Black Women’s Health Study tunjukkan jika wanita yang banyak konsumsi minuman manis alami kenaikan berat tubuh makin banyak dibanding wanita yang batasi minuman manis.

Tetapi, ada bukti lain yang menerangkan jika minuman manis bisa mengakibatkan peradangan akut, trigliserida tinggi, turunkan cholesterol baik (HDL), serta tingkatkan resistensi insulin, dimana semuanya adalah unsur efek dari diabetes.

3. Pilih lemak baik dibanding lemak jahat
Lemak baik, seperti lemak tidak jemu ganda yang diketemukan pada minyak nabati cair, kacang, serta biji-bijian, bisa menahan Anda dari diabetes. Sedang lemak jahat yang bisa Anda dapatkan berbentuk lemak trans pada margarin, makanan fast food, atau pada makanan yang digoreng, malah bisa tingkatkan efek Anda terserang diabetes.

Berlainan dengan lemak tidak jemu ganda yang lain, lemak tidak jemu ganda yang Anda dapatkan dalam ikan malah tidak bisa membuat perlindungan Anda dari diabetes. Lemak tidak jemu ganda dalam ikan yang Anda mengenal jadi omega-3 menolong dalam menahan penyakit jantung. Jadi, bila Anda menanggung derita diabetes, makan ikan bisa menolong Anda terlepas dari serangan jantung atau kematian karena penyakit jantung.

4. Batasi daging merah serta jauhi daging olahan
Beberapa riset tunjukkan jika konsumsi daging merah serta daging olahan bisa tingkatkan efek diabetes. Kenapa ini dapat berlangsung? Ini mungkin karena disebabkan kandungan zat besi yang tinggi dalam daging merah bisa kurangi efektivitas dari insulin atau dapat mengakibatkan kerusakan beberapa sel yang menghasilkan insulin. Pada daging olahan, kandungan natrium serta nitrit yang tinggi jadi pengawet mungkin bertanggungjawab dalam soal ini. Anda dapat mengubah konsumsi daging Anda dengan makanan sumber protein lain yang lebih sehat, seperti kacang, susu rendah lemak, ayam, atau ikan.

Berhenti merokok
Bila Anda perokok, semestinya Anda berhenti merokok selekasnya. Merokok benar-benar beresiko buat kesehatan, terhitung dapat mengakibatkan diabetes. Perokok semakin dapat beresiko terserang diabetes sebesar 50% atau lebih dibanding dengan orang yang tidak merokok, serta perokok berat memiliki efek diabetes tambah tinggi .

No comments